Selasa, 22 Oktober 2013

LARANGAN MEMASANG GAMBAR MAKHLUK BERNYAWA DI RUMAH


JANGANLAH MENGHALANGI MALAIKAT UNTUK MASUK KE RUMAH ANDA

Yang perlu di perhatikan, bagaimana jika seseorang memasang gambar-gambar yang bernyawa, suara lonceng di rumah. sehingga malaikat yang membawa berkah, pembawa rahmat,

dan malaikat yang mendo'akan anda' benar-benar terhalangi untuk masuk ke rumah anda dan segera menghindar dari rumah anda??

Janganlah membuat mereka terusir dari rumah kita Dengan cara menaruh Anjing, memasang gambar yang bernyawa dan suara lonceng.

NAH, APA SAJA BENTUK PENGHALANG UNTUK MEREKA ??

1. Anjing dan Gambar makhluk yang bernyawa

Ketika malaikat penebar rahmat dan berkah tidak akan memasuki rumah Anda. Foto keluarga, gambar binatang, bisa jadi membuat rumah Anda makin indah bagi setan.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

( لا تدخل الملائكة بيتاً فيه كلب ولا صورة )

“Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar.” (HR. Bukhari 3224, Nasai 5348).

Imam Al-Qurtubi rahimahullah berkata: "Sesungguhnya malaikat tidak akan masuk ke rumah-rumah seseorang yang didalamnya ada gambar makhluk yang bernyawa disebabkan karena perbuatan tersebut adalah tasyabbuh terhadap kebiasaan orang-orang kafir,

yang mana mereka senantiasa menaruh gambar 'makhluk yang bernyawa' didalam rumah mereka dan mengagungkannya, sehingga malaikat benci terhadap perbuatan tersebut dan tidak akan masuk ke rumah itu, sehingga para malaikat pergi/menghindar dari rumah tersebut." (Al-Mufhim. : hal. 406)
---
2. Suara Lonceng

Banyak orang tidak sadar, ternyata suara ini berbahaya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut Lonceng: mizmarus syaithan (seruling setan). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan salah satunya, lonceng. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

في الجرس مزمار الشيطان

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentang lonceng:ia adalah seruling setan. (HR. Abu Daud 2556, di shahihkan oleh Syeikh Al-Albani)

Di kesempatan yang sama, malaikat penebar berkah, dan malaikat penebar rahmat menghindari rumah yang dipenuhi dengan suara lonceng. (hal ini bisa dimasukkan pada suara alat music, dan lain sebagainya)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تصحب الملائكة رفقة فيها كلب ولا جرس

“Sesungguhnya malaikat tidak akan menyertai rombongan yang di sana ada anjing dan suara loncengnya.” (Shahih, HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, 1001. dishahihkan oleh syeikh Al-Albani).

Imam Nawawi dalam Syarah Al-Minhaj berkata: "mengenai malaikat yang terhalang untuk masuk ke rumah seseorang 'karena ada anjingnya/ gambar yang bernyawa adalah malaikat pembawa Berkah, pembawa Rahmat, dan pembawa istighfar (yang memohonkan ampun) untuk penghuninya".

Adapun Malaikat maut (pencabut nyawa) dan Malaikat pencatat Amal Manusia, tidak masuk pada kategori ini, mereka tetap saja masuk meskipun di dalamnya ada anjingnya, gambar yang bernyawa atau suara lonceng.

--------
Maka dari itu wahai kaum muslimin, Jadikanlah rumah Anda seperti taman-taman malaikat penebar rahmat, penebar barokah, penebar do'a ampunan, bahkan tempat bagi malaikat untuk mendengarkan al-Qur'an.

Bukannya tempat peristirahatan yang nyaman bagi para syetan yang senantiasa mendekati manusia untuk menyesatkan.

Dan Hiasilah rumah Anda dengan berbagai ketaatan dan amal shaleh. Agar yang menemani Anda juga makhluk yang sholeh pula. baik dengan bacaan Alquran di rumah anda, shalat sunnah, kajian mengupas halal-haram, dan lain sebagainya.

INILAH RUMAH YANG SENANTIASA DI DATANGI MALAIKAT

(1) ~ Sahabat Abu Hurairah pernah berkata:

عن حفص بن عنان الحنفي ان أبا هريرة كان يقول : ان البيت ليتسع على أهله وتحضره الملائكة وتهجره الشياطين ويكثر خيره ان يقرأ فيه القرآن (رواه الدارمي في سننه (3309))
قال حسين سليم أسد : إسناده صحيح وهو موقوف على أبي هريرة

Sahabat Abu Hurairah Radhiyallallahu Anhu berkata: "Sesungguhnya RUMAH –seseorang- akan terasa lapang bagi penghuninya,

senantiasa di hadiri oleh para malaikat, di jauhi para syetan, dan semakin banyak kebaikannya 'JIKALAU rumah tersebut sering di bacakan Al-Qur'an di dalamnya'...

(Shahih mauquf, Disebutkan oleh imam Ad-Darimi dalam Sunannya (no. 3309), di shahihkan oleh Syeikh Husein Sulaim Asad dalam Tahqiq sunan Ad-Darimi)
----
(2). ^ Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulallah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

"Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak lalu berdiri mengerjakan shalat -malam-, maka datanglah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dengan seksama kemudian dia mendekatinya...

(Hasan, HR. Abdullah bin al-Mubarak dalam kitabnya az-Zuhd no. 1211, dengan matan yang panjang. al-Mundziri dalam at-Targhiib dan at-Tarhiib dan al-Albani berkata: Hadits Hasan shahih)

Maraji' :
"Al-Mufhim lima Usykila Min Talkhishi Muslim" Karya imam AlQurtubi
"Targhib Wat Tarhib" Karya imam Al-Mundziri

(Lilik ibadurrohman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar