Jumat, 18 Oktober 2013

Keutamaan Surat Al Mulk, Mencegah dari Siksa Kubur



 

 Hadits Pertama:


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ


Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari al qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: "Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)"

(Shahih, HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, di shahihkan oleh imam Syaukani (Nailul Author 2/227) dan Ibnu Taimiyyah ('Majmu' Al- Fataawa' 22/277), di hasankan oleh imam Tirmidzi dan Syeikh Al-Albani [Sahih Ibnu Maajah': 3053]).


Hadits kedua:
أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر. رواه الحاكم، وقال: صحيح الإسناد ـ ووافقه الذهبي.
Artinya:

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:  "Surat Tabarok adalah surat penghalang dari siksa kubur, (Shahih HR Al-Hakim, di shahihkan oleh imam Al-Hakim dan imam Adz-Dzahabi) 

Hadits ketiga:

Rasulullah membiasakan membaca Surat As-Sajdah dan Surat Al-Mulk sebelum tidur.


رواه أحمد والترمذي عن جابر رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ (ألم تنزيل) و(تبارك الذي بيده الملك). وهو حديث صحيح، صححه غير واحد من أئمة أهل العلم، منهم الألباني في صحيح الجامع 4873.
Artinya: 
"Dari Jabir Radhiyallahu Anhu berkata: "Bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidaklah tidur malam kecuali membaca Alif Lam Mim, Tanzilun....(yaitu surat As-Sajdah) dan juga baca "TAbarokalladzi biyadihil Mulk" (yaiitu surat Al-Mulk)."  (Shahih. HR Ahmad. Tirmidzi, di shahihkan oleh Syeikh Al-Albani dalam kitabnya "Shahihul Jami' (4873))


 .
Kesimpulan:
  1. Surat Al Mulk disebut dengan surat al Mani’ah, yaitu penghalang dari siksa kubur jika rajin membacanya di malam hari.
  2. Membaca surat Al Mulk di malam hari adalah suatu kebaikan 
  3. Membiasakan membaca Surat As-Sajdah dan Al-Mulk sebelum tidur malam.

 

Dari Atsar Sahabat dan tabi'in :

1. Dari Ibnu Mas'ud ;

 عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  

surat tersebut adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (Shahih Mauquf, HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. di shahihkan oleh imam Al-Hakim, al-Mundziri (At-Targhib Wat Tarhib (2/294), di hasankan oleh Al-Albani (Shahih At Targhib wa At Tarhib (1589)).
-------------
Dari Ibnu Mas'ud juga ;

واخرج الطبراني والحاكم وصححه والبيهقي في شعب الايمان عن ابن مسعود رضي الله عنه قال (يؤتى الرجل في قبره فيؤتي من قبل رجليه : فتقول رجلاه : ليس لكم علي من قبلي سبيل , قد كان يقوم علينا بسورة الملك , ثم يؤتى من قبل صدره فيقول : ليس لكم علي من قبلي سبيل قد كان وعى في سورة الملك , ثم يؤتى من قبل رأسه فيقول : ليس لكم من قبلي سبيل قد كان يقرأ بي سورة الملك , فهي المانعه تمنع من عذاب القبر , وهي في التوراة سورة الملك , من قرأها في ليلة فقد أكثر واطيب)).

Dari Abdullah bin Mas'ud berkata: "Akan didatangi (malaikat) terhadap seseorang di ada didalam kuburnya, lalu malaikat mendatangi dari arah kakinya, lalu kaki orang tersebut berkata: anda tidak ada jalan (peluang) untuk mendekati saya karena orang ini senantiasa membaca surat Al-Mulk pada saat hidupnya,

Lalu Malaikat mendatangi dari arah dadanya, lalu dada juga berkata: anda tidak ada jalan untuk mendekati saya, karena orang ini senantiasa membaca surat Al-Mulk pada saat hidupnya, Lalu malaikat mendatangi orang tersebut dari arah kepala, namun kepala orang tersebut juga berkata:  anda tidak ada jalan untuk mendekati saya,

karena orang ini senantiasa membaca surat Al-Mulk pada saat hidupnya. Maka (ketahuilah) surat Al-Mulk adalah "Al-Mani'ah" (penghalang) dari Adzab kubur, dan surat ini juga terdapat didalam kitab Taurat. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (Shahih, HR Thabrani, Al-Hakim dalam Mustadrak, Albaihaqi dalam Syu'abul Iman, di shahihkan oleh Al-Hakim dan imam Adz Dzahabi)

 2. Atsar Shahih dari Amru bin Murroh (Ulama' Tabi'in):

وأخرج سعيد بن منصور عن عمرو بن مرة قال: كان يقال: إن من القرآن سورة تجادل عن صاحبها في القبر تكون ثلاثين آية فنظروا فوجدوها تبارك

Dan di riwayatkan oleh Sa'id bin Manshur, Dari ulama' tabi'in "Amru ibnu Murroh" Rahimahullah berkata: "Dahulu ada orang yang berkata: Sesungguhnya didalam Al-Qur'an ada satu surat yang mana surat tersebut dapat menyelamatkan pelakunya dari siksa kubur, dan didalam surat tersebut juga terdapat tiga puluh ayat. Lalu orang-orang saat itu mencarinya di dalam Al-Qur'an, ternyata yang mereka dapatkan adalah "Tabarok" (surat Al-Mulk)." 

Maraji':
"Tuhfatul Ahwadzi Syarh imam Tirmidzi" Karya imam Al-Mubarokfuri
"Manahilul Urfan fi Ulumil Qur'an" Karya: imam Az-Zarqoni
"Targhib Wat Tarhib" Karya : Imam Al-Mundziri, dll
(Lilik i (Abu Utsman)) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar