Kamis, 19 September 2013

Inilah Orang Yang Akan di Do'akan Oleh 70.000 Malaikat


Dalam sebuah hadits di sebutkan:


عن علي رضي الله عنه: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مَرِيضًا إِلا خَرَجَ مَعَهُ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، كُلُّهُمْ يَسْتَغْفِرُ لَهُ، إِنْ كَانَ مُصْبِحًا حَتَّى يُمْسِيَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الْجَنَّةِ، وَإِنْ كَانَ مُمْسِيًا خَرَجَ مَعَهُ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، كُلُّهُمْ يَسْتَغْفِرُ لَهُ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الْجَنَّةِ "

“Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya  (yang sakit) kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya. Jika orang tersebut menengoknya  di waktu pagi, maka 70.000 malaikat tersebut akan berdoa memintakan ampun untuk 'orang yang menengok tadi'  hingga waktu sore, dan orang tersebut seakan-akan seperti berada di taman surga. 
Dan jika orang tersebut  menjenguknya di waktu sore, maka 70.000 malaikat akan berdoa memintakan ampun untuk orang yang menengok tadi  hingga waktu shubuh (pagi) dan orang tersebut seakan-akan seperti berada di taman surga”
 
(Hadits Hasan, HR Imam Ahmad dari ‘Ali bin Abi Thalib, Al Musnad 976).di hasankan oleh imam Syu'aib al-ar na'ut dalam tahqiqnya musnad Ahmad)
----------------------------------------------------------
Dalam lafadz hadits yang lain yang ana tulis:
عن علي رضي الله عنه: إني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إذا عاد الرجل أخاه المسلم مشى في خرافة الجنة حتى يجلس ، فإذا جلس غمرته الرحمة ، فإن كان غدوة صلى عليه سبعون ألف ملك حتى يمسي و إن كان مساء صلى عليه سبعون ألف ملك حتى يصبح "
أخرجه أحمد ( 1 / 81 ) و أبو داود ( 3099 ) و ابن ماجه ( 1 / 440 )

Artinya:
"Jika seorang mukmin menjenguk saudaranya yang sakit, maka ia seakan-akan seperti berada di taman surga sampai  ia duduk (di samping orang yang sakit), jika ia duduk maka rahmat Allah menaunginya. jika ia menjenguknya di waktu pagi, 
maka akan ada 70.000 malaikat untuk bershalawat kepadanya  hingga waktu sore, dan jika ia menjenguknya di waktu sore, maka akan ada 70.000 malaikat untuk bershalawat kepadanya  hingga waktu pagi.
 (Shahih HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah,dll.di shahihkan oleh imam al-albani di silsilah al-Ahadits as-Shahihah: 1367).
Jadi, Kesimpulannya adalah Orang yang akan di do'akan oleh 70.000 Malaikat adalah Orang Yang Gemar Menjenguk Orang Yang Sakit.
Adapun Do'a Dari Malaikat Adalah Do'a Maghfiroh (Ampunan) Dan Rahmat (kasih sayang)
صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلائِكَةُ وَصَلاتُهُمْ عَلَيْهِ: اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللهُمَّ ارْحَمْهُ "

maka  para malaikat akan bershalawat  (berdoa) kepadanya, Shalawat mereka adalah: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’' (Hasan Lighoirihi, HR Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib, Al Musnad no. 1219)      (Lilik ibadurrohman).v.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar