Rabu, 20 November 2013

AKHLAK SANG NABI MUHAMMAD


Dalam Kitab Siroh Nabi “Ar-Rahiqul Makhtum” hal. 489-493 Karya Muhammad bin Muflih Al-Maqdisi menceritakan tentang karakter Sang Nabi Akhir Zaman dan Penutup para Nabi, yaitu Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam :
.
 Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah manusia yang paling mulia akhlaknya. Beliau sangat dermawan, paling dermawan diantara manusia, terlebih lagi di Bulan Ramadhan.
Hal ini Sebagaimana dalam hadits shahih:
.
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ، حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ (صحيح البخاري 
.
“Berkata Ibn Abbas radhiyallahu Anhu: Bahwa Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi saat bulan ramadhan, ketika dijumpai Jibril Alaihis Salam, yang mengunjungi beliau setiap malam dibulan ramadhan, dan mengajarkan beliau saw Alqur'an, maka sungguh Rasulullah saw lebih dermawan dalam berbuat baik daripada angin yang berhembus" (Shahih Bukhari)
.
 Jika beliau (Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam) memilih urusan, beliau memilih yang paling mudah selama tidak melanggar syari’at Allah, beliau sangat menghindari dosa. Jika diri beliau di dzalimi, beliau sangat sabar, Namun jika hak Allah Ta’ala dilanggar, beliau sangat murka. Beliau sangat malu melebihi gadits pingitan.
.
Jika beliau tidak menyukai sesuatu, langsung terlihat pada raut muka wajahnya. Beliau tidak pernah mencela makanan sama sekali. Jika beliau suka maka dimakanlah makanan itu, jika tidak suka, maka beliau tinggalkan tanpa mencela.
.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu Anhu berkata:,
.
عن أبي هريرة - رضي الله عنه - قال : ما عاب النبي صلى الله عليه وسلم طعاما قط , إن شتهاه أكله , وإن كرهه تركه" .رواه رواه البخاري ومسلم .
.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menyukai suatu makanan, maka beliau memakannya. Jika beliau tidak suka, maka beliau meninggalkannya.” (HR. Bukhari no. 5409 dan Muslim no. 2064)
.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam jika berbicara sangat fasih dan jelas. Beliau menguasai logat-logat bahasa arab. Mampu berbicara kepada tiap suku bangsa Arab dengan logat masing-masing suku. Jika dimintai  sesuatu beliau tidak pernah menjawab “tidak”.
.
Beliau sangat pemberani, berapa banyak para pemberani jika bertemu beliau, mereka lari. Ali bin Abi Thalib berkata: Jika kamu sedang ketakutan dan dikepung bahaya, kami berlindung di belakang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Tak satupun jaraknya lebih dekat kepada musuh selain beliau.
.
Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sangat jujur dan Amanah.  Sebelum diutus menjadi Nabi dan Rasul, beliau dijuluki “Al-Amin” artinya orang yang terpercaya.
.
Bahkan musuhpun mengakui kejujuran dan amanahnya. Abu Jahal pernah berkata: Kami tidak mendustakan dirimu, akan tetapi  kami mendustakan ajaranmu.
.
Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sangat rendah hati dan jauh dari sifat sombong. Jika beliau dating ke suatu majlis, beliau tidak mau di sambut seperti Raja. Biasanya jika seorang Raja jika datang, orang-orang berdiri untuk menyambutnya, namun beliau tidak ingin diperlakukan seperti itu.
.
Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam termasuk manusia yang sangat Tawadhu’ (rendah hati), beliau biasa menjenguk orang sakit, duduk-duduk bersama dengan orang miskin, memenuhi undangan meskipun hamba sahaya, duduk-duduk bersama dengan para sahabatnya.
 .
Beliau sangat suka memenuhi janji, menyambung tali persaudaraan, paling penyayang dan lembut terhadap orang lain, beliau suka memaafkan dan lapang dada. Terhadap pembantu, beliau tidak pernah membentak atau menyalahkan pekerjaan yang tidak kunjung selesai.
 .
Terhadap orang miskin, beliau cinta dan suka duduk-duduk bersama mereka, tidak hanya mengutamakan perkumpulan orang-orang kaya saja. Beliau menghadiri pemakaman jenazah mereka dan tidak mencela orang miskin karena setatusnya. Beliau senantiasa gembira, lebih banyak diam, Tertawa beliau cukup dengan senyuman.
Jika Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berbicara tidak terlalu pelan dan tidak terlalu keras. Bicaranya jelas, bahasanya fasih dan mudah dimengerti.

>>>>>>.
Referensi:
Kitab Siroh Nabi “Ar-Rahiqul Makhtum” hal. 489-493 Karya Muhammad bin Muflih Al-Maqdisi


[Lilik Ibadurrohman]   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar